Mengapa Kita Harus Membiasakan Membaca

Mengapa Kita Harus Membiasakan Membaca

Membaca adalah hal yang menyenangkan bagi yang suka tetapi akan menjadi sangat membosankan bagi mereka yang tidak suka membaca. Berikut adalah manfaat membaca:

Mengapa Kita Harus Membiasakan Membaca1. Keterampilan Berpikir Analitik yang Lebih Kuat

Pernahkah Anda membaca novel misteri yang menakjubkan, dan memecahkan sendiri misteri itu sebelum menyelesaikan buku? Jika demikian, Anda dapat menempatkan pemikiran kritis dan analitis untuk bekerja dengan memperhatikan semua rincian yang disediakan dan memilah mereka untuk menentukan “whodunnit”.

Kemampuan yang sama untuk menganalisa detail juga sangat berguna dalam mengkritisi plot; menentukan apakah itu adalah bagian yang ditulis dengan baik, jika karakter benar dikembangkan, jika alur cerita berjalan lancar, dll.

Jika Anda pernah memiliki kesempatan untuk mendiskusikan buku dengan orang lain, Anda akan dapat menyatakan pendapat Anda dengan jelas, karena Anda telah meluangkan waktu untuk benar-benar mempertimbangkan semua aspek yang terlibat.

2. Peningkatan Fokus dan Konsentrasi

Dalam dunia kita yang gila dunia, perhatian diambil dalam sejuta arah yang berbeda sekaligus ketika kita melakukan multi tugas melalui setiap hari.

Dalam rentang 5 menit tunggal, rata-rata orang akan membagi waktu antara bekerja pada sebuah tugas, memeriksa email, chatting dengan beberapa orang (melalui gchat, skype, dll), mengawasi twitter, pemantauan smartphone mereka, dan berinteraksi dengan rekan kerja. Jenis perilaku seperti ADD ini menyebabkan tingkat stres meningkat, dan menurunkan produktivitas kita.

Ketika Anda membaca buku, semua perhatian Anda terfokus pada cerita — seluruh dunia hanya lenyap, dan Anda dapat membenamkan diri dalam setiap detail halus yang Anda asyik.

Cobalah membaca selama 15-20 menit sebelum bekerja (mis. Pada perjalanan pagi Anda, jika Anda menggunakan angkutan umum), dan Anda akan terkejut dengan betapa lebih fokusnya Anda begitu tiba di kantor.

Informasi tambahan: jika Anda merasa fokus tetap susah dan sedang berusaha meningkatkan fokus Anda, mungkin Anda telah salah melakukannya.

3. Keterampilan Menulis Lebih Baik

Ini bergandengan tangan dengan perluasan kosakata Anda:

Pemaparan terhadap karya yang dipublikasikan dan ditulis dengan baik memiliki pengaruh yang nyata pada tulisan seseorang sendiri, karena mengamati irama, keluwesan, dan gaya penulisan dari penulis lain akan selalu memengaruhi karya Anda sendiri.

Dengan cara yang sama bahwa musisi mempengaruhi satu sama lain dan pelukis menggunakan teknik yang ditetapkan oleh para empu sebelumnya, begitu juga para penulis belajar cara membuat prosa dengan membaca karya orang lain.

4. Ketenangan

Selain relaksasi yang menyertai membaca buku yang bagus, mungkin subjek yang Anda baca dapat membawa kedamaian dan ketenangan batin yang luar biasa.

Membaca teks-teks spiritual dapat menurunkan tekanan darah dan membawa perasaan tenang yang luar biasa, sementara membaca buku-buku self-help telah ditunjukkan untuk membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan.

10. Hiburan Gratis

Meskipun banyak dari kami suka membeli buku sehingga kami dapat membubuhkan keterangan dan halaman dog-ear untuk referensi di masa mendatang, harganya bisa sangat mahal.

Untuk hiburan dengan anggaran rendah, Anda dapat mengunjungi perpustakaan setempat dan berjemur dalam kemuliaan buku-buku tebal yang tak terhitung jumlahnya yang tersedia di sana secara gratis. Perpustakaan memiliki buku tentang setiap mata pelajaran yang dapat dibayangkan, dan karena mereka memutar stok mereka dan terus-menerus mendapatkan buku baru, Anda tidak akan pernah kehabisan bahan bacaan.

Ada juga banyak sumber online di mana Anda dapat mengunduh e-book gratis, jadi pergilah berburu sesuatu yang baru untuk dibaca!

Ada genre membaca untuk setiap orang terpelajar di planet ini, dan apakah selera Anda terletak pada sastra klasik, puisi, majalah mode, biografi, teks agama, buku dewasa muda, panduan bantuan mandiri, novel jalanan, atau novel roman, ada sesuatu yang keluar di sana untuk menangkap rasa ingin tahu dan imajinasi Anda.

Mundur dari komputer Anda sebentar, bukalah buku, dan tambahkan kembali jiwa Anda untuk sementara waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *