Pengertian, Perbedaan, Rumus “Can vs May” Dalam Kalimat Bahasa Inggris Beserta Contoh

Seperti yang sudah kita tahu bahwa bahasa inggris memang bukan bahasa kita orang Indonesia. Namun kita dituntut untuk bisa berbahasa inggris dengan baik dan benar karena suatu alasan. Alasan tersebut tak lain dan tak bukan adalah karena bahsa inggris merupakan bahsa international.

Dengan kita mampu berbahas inggris dengan baik dan benar maka saat kita berbicara dengan turis atau bahkan saat kita berada di luar negeri maka kita akan mudah memahami percakapan yang terjadi. Karena bahasa inggris ini adalah bahasa international maka tentu tidak hanya orang Indonesia saja yang diharuskan belajar bahasa inggris akan tetapi juga masyarakat di seluruh dunia.

Belajar Bahasa Inggris

Image Source: englishforall.id

Dalam belajar bahas inggris ada dua hal yang secara umum harus anda pelajari yakni speaking atau bahasa lisan dan bahasa tulis alias struktur penulisan bahasa inggris yang baik dan benar. Dalam pembelajaran bahasa inggris tertulis kita akan belajar banyak hal yang biasa disebut dengan grammar. Kalimat bahasa inggris memang tidak sama dengan bahasa Indonesia yang simple. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sesuai dengan rumus grammar yang telah diatur secara umum.

Dalam grammar ada banyak hal yang harus dipelajari. Salah satunya yang tak kalah penting adalah belajar modal. Tentu bagi anda yang telah belajar bahasa inggris sudah mengenal apa itu kalimat modal bukan? Secara umum anggota kata yang termasuk modal ada 5 yakni can, may, will, shall, must.

Setiap anggota modal memiliki makna dan penggunaan yang berbeda-beda tentunya. Yang menyamakannya adalah rumusnya saat menyusunnya menjadi kalimat bahasa inggris. Nah kali ini kita akan belajar bersama bagaimana perbedaan dari modal can dan may yang seringkali dianggap memiliki makna sama dan memiliki penggunaan yang sama tetapi justru salah. Berikut di bawah ini merupakan beberapa perbedaan dari can dan may :

  1. Can sendiri memiliki arti bisa/dapat. Sedangkan may memiliki arti boleh.
  2. Can memiliki meaning yang lebih kepada menunjukkan kemampuan dari hal tertentu misalnya I can do it yang artinya saya mampu atau bisa melakukan hal itu. Berbeda dengan may yang meaningnya lebih banyak digunakan untuk meminta ijin. Misalnya pada kalimat may I borrow your pen? Yang artinya adalah bolehkah saya meminjam pen anda?.
  3. May juga sering kali digunakan untuk menyatakan sebuah kemungkinan suatu keadaan. Misalnya you may be the winner in this moment yang memiliki arti kamu mungkin menjadi pemenang pada ajang kali ini. Sedangkan kata can tidak bisa digunakan untuk menyatakan kemungkinan.
  4. Pada penggunaan can dan may untuk permintaan ijin, keduanya bisa digunakan. Hanya saja may akan lebih sopan dan formal digunakan dibandingkan can.

Penggunaan can dan may pada kalimat bahasa inggris memang banyak yang mengira sama. Namun pada kenyataannya ada beberapa keadaan yang mengharuskan si pembicara harus menggunakan may atau can.

Intinya bergantung pada kondisi dan juga maksud dari pembicaraan yang dilakukan. Untuk rumus keduanya adalah sama. Hal ini karena keduanya masuk pada kelompok modal. Sehingga keduanya memiliki rumus dalam kalimat yang sama.

Rumusnya yakni Subjek + May/Can + Vbase + Objek. Bagi kalian yang belum mengerti arti Vbase, verb base merupakan verb bentuk dasar yang artinya verb tersebut harus sesuai dengan bentuk awal dengan tanpa ditambahi impuhan apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *