Tahukah Anda Apa Itu Kain Fleece? Inilah 5 Ciri Bahan Fleece yang Harus Kamu Ketahui

Kain memiliki banyak macamnya. Salah satu kain yang kerap dipakai di dunia konveksi adalah kain fleece. Kain fleece merupakan kain yang kerap dipakai untuk membuat hoodie maupun sweater. Ciri bahan fleece yang harus kamu ketahui adalah kainnya yang lembut dan hangat saat dikenakan sebagai jasa sablon kaos.

Pakaian yang menggunakan bahan fleece akan jadi lebih berkualitas. Kain tersebut juga memiliki sedikit bulu di permukaannya. Kain fleece sendiri menjadi salah satu finishing produk tekstil bernama imitasi wool.

Jika dilihat dari komposisi pembuatannya, kain ini dibagi menjadi sejumlah golongan yakni kain fleece bamboo, fleece cotton, fleece mikro, fleece polar, serta fleece polyster. Selain karakteristik utama yang sudah disebutkan di atas, apa lagi ciri khas bahan tersebut?

Bahan yang Elastis

Image Source: gamisjilbabsyari.com

Bahan fleece memiliki ciri khas yaitu elastis. Semua jenis bahan fleece biasanya elastis dan mudah dilipat. Jadi walaupun dibuat menjadi jacket tebal, nantinya jacket tersebut masih bisa dilipat.

Selain itu tingkat ketebalannya mulai dari mikro sampai yang paling tebal mempunyai tingkat fleksibilitas yang berbeda. Jadi kain tersebut tidak cepat kendor.

Dan juga apabila suatu hari nanti pemakainya mengalami kenaikan berat tubuh maka pakaian berbahan fleece masih bisa dipakai. Dengan sifat elastisnya maka pengguna tetap akan merasa nyaman saat memakainya.

Tekstur Lembut

Karena teksturnya yang lembut maka tak jarak konveksi kaos juga menggunakan kain fleece sebagai bahannya. Bahan yang satu ini mempunyai benang yang lembut dan ringan. Bahkan ketika dipakai fleece dapat membuat penggunanya terlihat lebih cerah.

Dengan kelembutan bahannya maka bisa mengurangi kemungkinan iritasi yang bisa saja terjadi oleh beberapa pengguna. Itu sebabnya kain yang satu ini menjadi salah satu yang terfavorit di kalangan konveksi.

Sirkulasi Udaranya Baik

Masih berhubungan dengan kenyamanan, ciri bahan fleece yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah dari segi sirkulasi udara. Kain tersebut bisa berperan sebagai isolator tubuh walaupun kainnya sedang basah. Ketika menggunakannya maka Anda akan merasa hangat tapi tidak gerah.

Bahan fleece merupakan jenis kaos yang menyerap keringat, panas, dan air dengan baik. Dengan begitu maka proses sirkulasi udara terbilang baik ketika dipakai sebagai pakaian. Hal itu berasal dari serat kainnya yang telah didesain sedemikian rupa.

Awet dan Harganya Terjangkau

Kain fleece terutama yang berjenis fleece cutton memiliki tingkat keawetan yang tinggi. Kain tersebut bisa lebih tahan lama dibandingkan kain jenis lainnya.

Ditambah dengan harganya yang aman di kantong. Walaupun budget Anda tidak banyak tapi pakaian berkualitas bagus masih bisa didapat.

Cepat Kering

Bahan fleece memiliki sifat yang cepat kering. Saat Anda sudah selesai mencuci pakaian berbahan ini maka cara mengeringkannya tidak perlu di jemur di bawah terik matahari secara langsung. Cukup angin-anginkanlah maka pakaian tersebut bisa kering dalam waktu singkat.

Dengan sifat yang mudah kering maka bahan fleece tepat untuk dipakai di daerah yang curah hujannya tinggi ataupun daerah pegunungan.

Udara lembab dan sinar matahari yang terbatas cocok untuk baju berbahan fleece. Bahkan jika dipakai dengan kondisi yang basah kain ini masih tetap dapat memberi kehangatan.

5 ciri bahan fleece yang harus kamu ketahui tersebut menjadi alasan mengapa banyak orang memanfaatkan bahan yang satu ini. Jika Anda membutuhkan kain yang memiliki sifat-sifat di atas maka pakai saja kain fleece sebagai solusinya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *