Hal Menarik tentang Biografi  Martin Van Buren dan Perjalanan Hidupnya 

Menjadi hal yang sangat menarik untuk mengetahui Biografi  Martin Van Buren. Van Burren adalah salah satu presiden Amerika Serikat di awal berdirinya negara ini. Identitas dan sepak terjangnya menjadi hal yang patut diketahui banyak orang.

Terkait identitasnya, Van Buren adalah presiden pertama yang terlahir sebagai warga negara Amerika Serikat. Hal ini berbeda dengan beberapa presiden pendahulunya yang tidaklah terlahir dengan status sebagai warga negara Amerika Serikat.

Masa Awal Hidupnya

Image Source: whitehouse.gov

Biografi  Martin Van Buren dimulai dengan masa awal hidupnya. Van Buren lahir pada tanggal 5 Desember 1782. Dia lahir sekitar 6 tahun setelah para penduduk koloni di Amerika Serikat ini mendeklarasikan diri kemerdekaannya atas Inggris.

Orang tua Van Buren memiliki darah keturunan Belanda dan ini bisa dilihat dari nama yang dimiliki Van Buren. Ayahnya sendiri adalah seorang penjaga toko. Pekerjaan lainnya adalah sebagai petani di Kinderhook, New York.

Namun, Van Buren tidaklah mengikuti jejak ayahnya. Dia berusaha mengembangkan dirinya dan meniti karir yang lebih bagus dan mapan. Semua proses ini mengantarkan dia ke dunia politik yang akhirnya mencatatkan dirinya sebagai salah satu presiden di Amerika Serikat.

Karir Awalnya di Politik

Sejak usia muda, Martin muda ini telah menggeluti bidang politik, yaitu sebagai seorang pengacara di tahun 1796. Lalu, dia memulai membuka kantornya sendiri pada tahun 1803. Setelah empat tahun merintis usahanya, dia pun menikahi Hannah Hoes dan dikaruniai 4 anak.

Dalam hal pandangan politik, Van Buren cukup terpengaruh oleh gagasan Thomas Jefferson. Dengan karirnya di dunia politik ini, dia mampu terpilih sebagai seorang senat pada tahun 1821.

Karirnya semakin Nampak dan dikenal ketika akhirnya dia terlibat dalam koalisi Jeffersonian Replubikan. Koalisi ini mendukung Andrew Jackson di pemilu tahun 1828. Koalisi ini pun berkembang dan dikenal sebagai Partai Demokrat.

Terpilihnya Van Buren sebagai Presiden

Terkait dengan Biografi  Martin Van Buren dan karirnya di bidang politik, dia memang sempat menjadi senat dan melepaskan jabatan ini pada tahun 1828. Kemudian dia juga sempat mendapatkan posisi sebagai gubernur di New York.

Setelah kemenangan Andrew Jackson, Van Buren juga melepaskan jabatannya dan dia pun terpilih sebagai sekretaris negara. Dari sinilah, karirnya semakin cemerlang hingga akhirnya dia terpilih sebagai salah satu nominasi wakil presiden dari Partai Demokrat [ada 1832.

Van Buren pun sah menjadi presiden Amerika Serikat dan dilantik pada tahun 1837. Dia berhasil mengalahkan William Henry Harrison. Hanya saja, di masa pemerintahannya, negara sedang mengalami masalah finansial yang cukup berat.

Kekalahannya dalam Pemilu

Masalah keuangan yang melanda Amerika Serikat cukuplah berat. Kebijakan yang ditetapkan oleh Van Buren pun hanya mampu mengangkat sedikit kondisi keuangan negara tersebut. Hal ini perlahan membuatnya kehilangan posisi dan kepercayaan masyarakat.

Selain itu, ada masalah lainnya yang juga membebani Van Buren. Akhirnya dia kalah dari Harrison pada 1840 dan harus menyerahkan posisinya sebagai presiden.

Van Buren pun sempat mencoba lagi untuk mengambil alih posisi sebagai pemimpin negara. Waktu itu sedang marak isu tentang perbudakan dan Van Buren beserta partainya menjadi salah satu pendukung pada gerakan anti perbudakan. Namun, dia tetap kalah.

Masa Akhir Hidupnya

Di masa akhirnya hidupnya, Van Buren tetap juga berjuang dan memberikan dukungan terkait isu perbudakan yang ada.  Hingga akhirnya, dia meninggal pada bulan Juli 1862. Ini merupakan satu tahun setelah Perang Sipil bergejolak.

Ada beberapa hal yang patut dihargai terkait sepak terjang Van Buren. Berikut ini adalah di antaranya.

  1. Kebijakan ekonominya ketika Amerika Serikat mengalami depresi ekonomi yang berat. Walau memang tidak sepenuhnya menyelamatkan, tapi cukup berkontribusi.
  2. Gerakan dan dukungannya terkait isu perbudakan yang akhirnya mengarah pada Perang Saudara juga patut menjadi perhatian.

Itu semua menjadi jejak hidup yang sangatlah patut dicatat dalam Biografi  Martin Van Buren. Semua itu menjadi suatu inspirasi yang berharga tentang tokoh Van Buren ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *