Pengertian Hipertensi dan Hal Mengenainya

Hipertensi berarti tekanan darah tinggi. Ini sangat umum.

1 dari 3 orang dewasa di AS memiliki tekanan darah tinggi. Hipertensi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung atau stroke, yang merupakan penyebab umum kematian di A.S.

Apa saja gejala hipertensi?

Sumber Gambar: unsplash.com

Biasanya, penderita hipertensi tidak merasakan gejala apa pun. Hipertensi dikenal sebagai “silent killer” karena dapat menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh Anda, bahkan jika Anda tidak merasakan apa-apa.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda menderita hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah Anda.

Bagaimana saya tahu jika saya memiliki tekanan darah tinggi?

Sumber Gambar: mycirclecare.com

Mendiagnosis tekanan darah tinggi sesederhana mengukur tekanan darah Anda.

Perawat atau dokter Anda akan membungkus lengan Anda dalam manset yang mengembang saat mereka mendengarkan denyut nadi Anda.

Cepat dan tidak menyakitkan. Terkadang Anda juga bisa memeriksakan tekanan darah di apotek atau toko obat atau menggunakan tes di rumah.

Beberapa pusat kesehatan Planned Parenthood mungkin menawarkan pengobatan untuk hipertensi, sementara yang lain mungkin dapat merujuk Anda ke suatu tempat yang dapat mengobati hipertensi Anda.

Apa arti angka tekanan darah?

Pembacaan tekanan darah memiliki 2 angka. Angka pertama disebut tekanan darah sistolik, yang merupakan tekanan dalam pembuluh darah Anda ketika jantung Anda berdetak.

Angka kedua disebut tekanan darah diastolik, yang merupakan tekanan di pembuluh darah Anda ketika jantung Anda beristirahat di antara detak jantung.

Kombinasi 2 angka ini adalah tekanan darah Anda.

Tekanan darah normal: 120/80 atau kurang
Prehipertensi atau berisiko (hampir mengalami hipertensi): antara 120-139 / 80-89
Hipertensi: 140/90 atau lebih tinggi
Jika angka tekanan darah Anda tinggi dua kali berturut-turut, dokter atau perawat Anda dapat mendiagnosis Anda dengan tekanan darah tinggi.

Bagaimana saya bisa mencegah hipertensi?

Sumber Gambar: verywellhealth.com

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hipertensi adalah makan makanan yang sehat, mempertahankan berat badan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari merokok.

Bagaimana hipertensi dirawat?

Hipertensi biasanya diobati dengan kombinasi diet, olahraga, dan obat-obatan.

Perubahan pola makan termasuk makan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, dan mengurangi garam, gula, alkohol, dan daging merah.

Berolahraga secara teratur juga dapat membantu. Ini berarti berolahraga setidaknya 30 menit sehari, 5 kali seminggu.

Ini dapat mencakup hal-hal seperti berjalan, pergi ke gym, mengendarai sepeda, atau berenang.

Apa pun yang membuat Anda berkeringat dan bernafas lebih berat. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan 30 menit berturut-turut, Anda dapat melakukannya 10 menit setiap kali, 3 kali sehari.

Anda juga dapat menemukan cara-cara kecil sepanjang hari untuk aktif, seperti naik tangga dan bukannya lift.

Yang penting adalah bergerak secara teratur sepanjang hari.

Seorang dokter atau perawat dapat membantu Anda mencari tahu seperti apa olahraga teratur seharusnya bagi Anda.

Perawat atau dokter Anda juga dapat merekomendasikan obat jika olahraga dan perubahan diet tidak cukup untuk menurunkan tekanan darah Anda.

Perawat atau dokter Anda akan membantu mencari tahu obat tekanan darah mana yang tepat untuk Anda.

Apa yang perlu saya ketahui tentang hipertensi selama kehamilan?

Ada 3 jenis hipertensi selama kehamilan:

Hipertensi kronis – ini berarti Anda memiliki tekanan darah tinggi sebelum hamil, atau tekanan darah lebih dari 140/90 sebelum minggu ke-20 kehamilan Anda.

Hipertensi gestasional – saat inilah Anda mengalami tekanan darah tinggi di masa kehamilan berikutnya, setelah 20 minggu. Ini biasanya hilang setelah Anda melahirkan.

Preeklampsia – kombinasi tekanan darah tinggi dan masalah organ atau protein dalam urin Anda setelah 20 minggu kehamilan atau postpartum.

Jika Anda hamil dan Anda menderita hipertensi dan tidak dirawat, itu dapat menyebabkan masalah serius bagi Anda dan janin Anda, termasuk hal-hal seperti:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *