5 Persiapan Sebelum Cuti Hamil

Sekarang ini tidak sedikit wanita yang sudah berkarir di dunia kerja, bahkan beberapa diantaranya pun berhasil meraih posisi yang sukses di bidangnya. Ya, sekarang bukan lagi jamannya wanita harus tinggal dirumah, merawat dan membesarkan anak sampai merawat suami tapi wanita juga bisa berkarir di dunia kerja sama seperti pria.

Namun, sebagai wanita Anda juga tidak boleh melupakan kodrat atau takdir Anda untuk dihadirkan di dunia ini, yaitu menikah, hamil dan punya anak. Saya percaya Anda sebagai wanita karir mau sesukses apapun Anda di dunia kerja, Anda tentunya tetap berharap agar Anda bisa hamil dan memiliki anak.

Tidak ada salahnya bahkan sebenarnya tidak ada masalah yang harus Anda khawatirkan untuk menjalani kehamilan meski Anda sendiri sedang sibuk bekerja dan mengejar impian Anda di dunia kerja.

Namun, Anda pun tidak boleh melupakan perawatan kehamilan sampai persiapan kehamilan dan kelahiran saat hamil. Hal tersebut tentunya demi menjaga dan merawat kehamilan Anda, karena seperti yang kita ketahui bersama kehamilan itu bukan fase yang mudah dihadapi.

Mungkin bagi Ibu hamil yang sibuk bekerja, usia kehamilan trimester ketiga adalah usia kehamilan yang mulai mendebarkan. Sebenarnya hal tersebut merupakan kondisi yang normal dan akan dialami oleh setiap Ibu hamil.

Ya, tentu saja di usia kehamilan trimester ketiga Ibu hamil mulai dibayang-bayangi dengan rasa cemas, deg-degan bahkan rasa takut saat persalinan. Pasalnya, kehamilan dan persalinan adalah dua fase yang sangat sangat tidak mudah, maka dari itu persiapan adalah salah satu hal penting yang tidak boleh Anda lupakan apalagi bagi Anda wanita karir.

Persiapan di kehamilan trimester tiga penting bahkan sangat disarankan agar Anda mulai melakukan persiapan di awal trimester ketiga kehamilan Anda. Mulai dari persiapan biaya persalinan, tempat bersalin, persiapan mental, tim medis yang akan membantu Anda melahirkan sampai mempersiapkan semua hal penting termasuk hal-hal yang tidak terduga.

Nah, untuk Anda wanita karir salah satu hal penting yang juga tidak boleh Anda lupakan adalah persiapan sebelum cuti hamil.

Pastinya Anda tidak ingin pekerjaan Anda jadi berantakan saat Anda sedang cuti hamil, apalagi jika Anda harus membagi fokus Anda untuk menghadapi persalinan dengan pekerjaan Anda. Nah, untuk itu saya punya beberapa tips untuk Anda agar Anda bisa mendapatkan waktu yang lebih luang untuk fokus pada persiapan persalinan Anda.

Pastikan Kehamilan Anda Diketahui Atasan

Atasan atau bos Anda di kantor adalah orang yang memegang kekuasaan penuh terhadap semua kebijakan di perusahaan tempat Anda bekerja. Nah, untuk itu persiapan yang sebenarnya sejak awal kehamilan bisa Anda lakukan adalah memberitahukan atasan Anda jika Anda sedang mengandung buah hati.

Hal ini merupakan persiapan yang sangat penting agar Anda bisa mendapatkan kebijakan khusus demi kehamilan Anda. Seperti menjaga kesehatan dan mendapat dukungan dari perusahaan, selain itu Anda juga bisa mengetahui fasilitas yang diberikan perusahaan selama Anda cuti hamil.

Salah satu hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah untuk mengetahui pengganti sementara yang akan bertanggung jawab dengan pekerjaan Anda. Sangat penting agar Anda bisa mendiskusikan hal tersebut pada bos atau atasan Anda di tempat kerja, agar beban pekerjaan Anda bisa tetap berjalan tanpa harus menunggu Anda selesai cuti hamil.

Bagi Tugas Pekerjaan Anda

Menurut salah seorang pakar di dunia kerja, salah satu cara untuk bisa memaksimalkan pekerjaan adalah dengan membaginya sesuai dengan skala prioritas dari pekerjaan Anda. Hal tersebut pula yang bisa menjadi pertimbangan sebagai persiapan cuti hamil. Anda bisa mulai mempersiapkan itu sejak usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester ketiga awal atau di usia 7 bulan kehamilan.

Perlahan tapi pasti Anda sudah mulai memilah-milah tugas pekerjaan mana yang menjadi prioritas utama Anda, mulai dari deadline sampai tingkat kesulitannya. Setelah itu Anda sebaiknya mulai mempersiapkan rencana program kerja Anda. Ini penting agar saat Anda cuti hamil Anda tidak harus lagi memusingkan pekerjaan yang Anda tinggalkan.

Satu lagi yang tidak boleh Anda lupa, yaitu memastikan jika pembagian prioritas pekerjaan dan program kerja yang telah Anda susun sudah Anda komunikasikan dengan rekan kerja yang akan bertanggung jawab untuk menggantikan peran kerja Anda. Mulai dari file-file penting tentang pekerjaan Anda, sampai password tertentu tapi jangan lupa Anda juga menyimpan soft copy-nya.

Selesaikan Persiapan Cuti Maksimal 3 Minggu Sebelum Kelahiran

Menjelang persalinan persiapan cuti sangat penting untuk Anda selesaikan maksimal 3 minggu sebelum waktu persalinan yang disampaikan oleh tim medis. Hal ini memang sederhana agar Anda bisa benar-benar siap menghadapi waktu persalinan Anda. Tapi satu lagi persiapan ini juga penting untuk membantu pekerjaan yang Anda delegasikan pada rekan kerja Anda.

Dengan waktu yang tiga minggu ini, Anda bisa memberikan masukan kepada rekan kerja yang mengerjakan tugas Anda sebagai antisipasi jika ia menghadapi kendala pada pekerjaan Anda.

Membawa Pulang Hal-Hal yang Bersifat Pribadi

Mungkin Anda salah satu pekerja yang gemar menghiasi meja kerja Anda dengan barang pribadi atau bahkan komputer Anda dengan semua hal yang bersifat pribadi. Nah, hal tersebut juga penting Anda perhatikan sebelum Anda cuti hamil.

Sebaiknya Anda bisa membawa pulang atau memisahkan semua hal-hal yang bersifat pribadi, apalagi jika itu sangat berharga bagi Anda. Ini juga penting untuk mengantisipasi semua kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

Persiapan Perawatan Buah Hati

Ada banyak beban pikiran yang biasanya membelit seorang Ibu hamil di usia trimester tiga kehamilannya. Bagi wanita karir pekerjaannya adalah salah satu kekhawatiran yang utama, namun selain itu Anda juga sangat mungkin mengalami kekhawatiran mengenai perawatan buah hati Anda setelah persalinan.

Nah, hal tersebut juga menjadi persiapan sebelum cuti hamil yang penting Anda lakukan. Anda bisa membangun komunikasi dengan keluarga untuk mempertimbangkan tempat penitipan bayi atau mungkin keluarga yang dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *