Belajar Komponen Penting Elektronika Dasar

Ada komponen elektronik perangkat yang terdiri dari unit dan dalam bentuk modul yang terdiri dari kumpulan komponen elektronik perangkat. Komponen elektronik gadget adalah:

Printed Circuit Board (PCB)

Komponen elektronik pertama adalah Printed Circuit Board. PCB atau papan adalah tempat komponen dipasang. PCB seluler berbeda dari perangkat PCB elektronik lainnya. Dimana perbedaannya? Pada peralatan elektronik lainnya, komponen dipasang di bagian atas dan kemudian dimasukkan ke dalam lubang PCB yang tersedia. Lalu, komponen kaki yang dilas di bagian bawah PCB.

Tidak seperti PCB seluler, PCB di sisi bawah dan atas berbeda. Di tengah PCB ada banyak jalur atau lapisan yang menghubungkan antara bagian-bagian komponen. Biasanya, garis-garis ini dapat mencapai hingga 5 lapisan.

Jumlah lapisan, yang merusak PCB, merusak PCB lebih sering daripada komponen internal.

Untuk mengatasi kerusakan pada PCB dapat diatasi dengan melompat atau terhubung dengan kabel email khusus. Kabel email dilapisi dengan lapisan pelapis, sehingga tidak akan menyebabkan koslet jika komponen lain dari PCB menyentuhnya. Jika kabel dilas, lapisan akan hilang dengan sendirinya, jadi Anda tidak perlu mengikis lapisan.

RESISTOR

Komponen elektronik kedua adalah resistansi. Resistor ditandai dengan simbol R “ketika memiliki unit Ohm Ω”. Sama dengan PCB, resistor di ponsel berbeda dari resistor komponen elektronik lainnya. Resistor tidak memiliki gelang berwarna yang menunjukkan nilai resistansi.

Resistor besar berfungsi mempertahankan arus agar tidak melebihi batas atau sebagai sekering pengaman. Secara umum, fungsi perlawanan itu, pada kenyataannya, seperti penghalang yang dapat menyesuaikan arus yang melewatinya.

Setiap komponen elektronik membutuhkan arus yang berbeda. Karenanya, diperlukan resistensi sebagai penyesuaian. Biasanya, resistor yang memerlukan arus besar berada di jalur utama tegangan baterai, pengisian tegangan pengisi daya di jalur pasokan, tegangan untuk IC PA.

KAPASITOR

Komponen elektronik ketiga adalah kapasitor yang ditandai dengan simbol C “unit adalah faradium μ, η, ρ”. Kapasitor berfungsi sebagai penyimpanan saat ini dan untuk stabilisasi tegangan. Ada dua jenis kapasitor, yaitu kapasitor elektronik dan kapasitor keramik.

Kapasitor elektronik memiliki kutub yang berbeda, yaitu katoda (-) dan anoda (+). Anda seharusnya tidak melakukan pemasangan terbalik pada tiang. Kapasitor keramik biasa yang tidak memiliki polaritas, kapasitor pemasangan keramik dapat dibalik. Warnanya biasanya coklat atau abu-abu. Di sirkuit ponsel, kapasitor katoda biasanya terhubung ke jalur daya. Fungsinya untuk menstabilkan arus, sehingga aliran di jalur bisa stabil.

DIODE (dioda)

Komponen elektronik ruangan adalah dioda yang ditandai dengan simbol (Q, D, V, N). Dioda berfungsi sebagai penyearah arus di sirkuit headphone. Arus bolak-balik atau AC sebelumnya (arus bolak-balik) atau tegangan DC tidak murni setelah melewati dioda dalam arus searah DC (Direct Currert).

Dioda juga memiliki polaritas atau kutub, yaitu Anode (+) dan FCatoda (-). Instalasi dioda tidak boleh terbalik. Biasanya yang memiliki gads adalah katoda. Ada juga dioda yang dapat memancarkan cahaya yang disebut dioda pemancar cahaya (LED).

LED berfungsi sebagai LCD, keyboard, lampu sinyal. Kebanyakan orang menyebut LED sebagai lampu, karena mereka dapat memancarkan cahaya. Namun secara teknis, pemahaman tentang LED dan lampu berbeda. Lampu tidak memiliki polaritas, sedangkan LED memiliki polaritas dan pencahayaan tidak boleh dibalik. Jika instalasi LED terbalik, lampu tidak dapat dipancarkan dan dapat menghambat arus masuk.

LED umumnya berwarna hijau, kuning atau merah. Ada juga LED yang memiliki penerangan. LED atas disebut super, misalnya, Super White LED dan Super Blue LED. Dengan sinarnya yang melebihi LED normal.

TRANSISTOR

Komponen elektronik kelima adalah transistor yang ditandai dengan simbol (Q, N, V). Fungsi transistor secara karakteristik sama dengan fungsi dioda. Dua dioda gabungan dapat disebut transistor.

Transistor memiliki banyak fungsi di sirkuit elektronik. Transistor dapat berfungsi sebagai saklar, saklar berfungsi sebagai penguat frekuensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *